Wroclaw Municipal Stadium

Foto: Wroclaw Stadium/Wikipedia
Foto: Wroclaw Stadium/Wikipedia
Venue ketiga Polandia untuk Euro 2012 yang berkapasitas 40 ribu orang (kapasitas UEFA) ini dibangun April 2009 dan selesai September 2011. Peresmiannya lumayan meriah karena George Michael secara khusus diundang untuk melakukan konser di stadion ini pada 17 September 2011.

Yang menarik bentuk stadion ini menyerupai lampion China dan dirancang dengan desain yang inovatif, di mana serat fiber menyelimuti seluruh bagian tribun dan dindingnya. Warna dari dindingnya dapat berubah ubah dengan efek pencahayaan lampu.

Mario Balotelli dan Giampaolo Pazzini pernah merasakaan nikmatnya mencetak gol di stadion ini. Apalagi gol-gol itu tercatat sebagai gol internasional pertama yang dicetak di stadion baru itu.

Lokasi
Dibangun di barat laut wilayah Maslice di Wroclaw, Polandia, stadion ini dekat dengan bandara dan dapat dengan mudah diakses dari pusat kota melalui kereta api dan trem.

Atmosfir
Desain mangkuk dirancang untuk menyerap suara kerumunan penonton. Terkait estetika stadion, duta Euro 2012 Zbigniew Boniek berkomentar: "Ketika saya melihat itu, saya menyesal karena ketika saya menjadi pemain, kami harus bermain di stadion yang tampak seperti kandang ayam. Sayangnya karier bermain saya sudah berakhir."

Tahukah Anda?
Pada 11 September 2011, stadion ini menggelar perebutan titel tinju Vitali Klitschko melawan Tomasz Adamek untuk kelas berat WBC. Petinju asal Ukraina menghentikan penantangnya asal Polandia pada ronde 10 di hadapan 42.000 penonton.

Lokasi: Wroclaw, Polandia
Dibangun: (Rampung: 30 Juni 2011)
Pemilik: City of Wroclaw
Operator: SMG
Permukaan: Rumput
Biaya pembangunan: 729,7 mln PLN
Arsitek: JSK Architekci
Kapasitas: 42.771
Dimensi Lapangan: 105 x 68 meters

Sejarah
Wroclaw dibangun kembali sejak didirikan di persimpangan dua rute perdagangan; Via Regia dan Amber Road. Namanya diduga berasal dari Duke Vratislaus I dari Bohemia, yang menguasai Wroclaw 1135-1526. Kemudian diberi nama Breslau oleh Jerman diperintah oleh Dewan Habsburg. Pada tahun 1871 Breslau menjadi kota keenam terbesar Jerman.

Sebagai pos timur utama, Wroclaw menjadi benteng terakhir dari Perang Dunia II. Harga yang mahal: lebih dari setengah kota itu dihancurkan. Berdasarkan Konferensi Potsdam, 30% dari populasi 600 ribu jiwa tewas terakibat perang itu.

Kota ini dimukimkan kembali oleh orang-orang dari wilayah timur Polandia, kebanyakan Lviv, sekarang Ukraina. Pembangunan kembali berlanjut sampai tahun 1980-an meskipun banjir besar pada tahun 1997 membawa kehancuran lebih lanjut, menenggelamkan sepertiga kota.

Transportasi
(Ke dan dari) Copernicus Airport Wroclaw berjarak 13km selatan-barat kota dan memiliki penerbangan reguler ke Kopenhagen, Oslo, Paris, Brussels, Dublin, Eindhoven dan Stockholm serta beberapa tujuan di Jerman, Inggris dan Italia. Ada juga koneksi setiap hari untuk Warsawa dan Gdansk, meskipun perjalanan kereta api dari Glowny Wroclaw bisa menjadi pilihan menyenangkan karena melewati tempat-tempat yang indah.

Perjalanan kereta Express ke Warsawa hanya memerlukan lima jam dan ada juga layanan reguler ke Poznan (2,5 jam) dan Gdansk (7,5 jam). Stasiun bus terdekat menyediakan link sama-waktunya ke Warsawa dan Poznan, serta sejumlah tujuan internasional.

Jarak ke lain tempat UEFA EURO 2012
Poznan – 175km
Warsaw – 350km
Gdansk – 480km
Lviv – 620km
Kyiv – 1,090km
Kharkiv – 1,515km
Donetsk – 1,750km

Di dalam dan sekitar
Kota ini dilayani oleh jaringan bus dan trem. Perjalanan di dalam kota berbiaya 2.50zloty, perjalanan panjang 3.00zloty', sementara layanan yang cepat dan bus malam penumpang dikenai biaya 5.00zloty'. Sebuah jalur trem cepat yang akan menghubungkan bagian timur kota dengan bandara dan Kota Wroclaw Stadion juga sedang dibangun. Ada juga penyewaan sepeda yang disediakan bagian pariwisata kota itu.(dari berbagai sumber)

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Untuk menyisipkan kode,gunakan tag
[code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote,gunakan tag
[blockquote]KATA-KATA ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar,gunakan tag
[img]URL GAMBAR ANDA[/img]
Untuk menyisipkan video,gunakan tag
[youtube]URL VIDEO ANDA[/youtube]
Anda juga bisa menggunakan emoticon seperti biasa.

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat