National Stadium Warsaw

Foto: National Stadium Warsaw/Amazing Architecture
Foto: National Stadium Warsaw/Amazing Architecture
National Stadium Warsaw dibangun sejak 2008 dan rampung pada 2011. Stadion yang didirikan di atas lahan stadion lama Dziesiechieolecia (10th Anniversary Stadium) ini memiliki keunikan di mana atapnya juga disanggah oleh kabel baja yang terikat ke sebuah jarum besar yang terpasang tepat di bagian atas center stadion.

Sejarah Kota
Setelah dibangun kembali usai perang dunia II yang membuat 80 persen bangunan di kota itu hancur, Warsawa dikenal sebagai ‘Phoenix City’. Meskipun berada 300 km dari laut, uniknya Warsawa memiliki lambang putri duyung.

Tidak diketahui pasti dari mana asalnya tapi konon ini berkaitan dengan kisah dua anak perempuan Dewa Triton yang melakukan perjalanan melintasi samudera. Seorang memutuskan menetap di sebuah pantai di Denmark yang kemudian disebut Kopenhagen, dan seorang lagi mengakhiri perjalanannya di pantai sebuah desa di Warszowa.

Alkisah, para nelayan yang melihatnya benar-benar mengagumi kecantikan putri itu namun pedagang serakah yang mendengar kabar itu datang dan menangkapnya.

Di tahun 1596 Warsawa merupakan ibukota Polandia menggantikan Cracow. Namun setelah Prussia melakukan aneksasi pada 1795, peran Warsawa direduksi menjadi ibukota provinsi.

Pada 1815 Warsawa jatuh di tangan kekuasaan Rusia, sampai perang dunia pertama. Selama 21 tahun Warsawa menjadi ibukota Polandia, dan berkembang, tapi situasi berubah ketika 1 September 1939 bom Jerman meluluhlatakkan kota. Hanya satu bulan Warsawa pun jatuh.

Enam tahun kemudian, Soviet melakukan pembebasan dengan penyerbuan tank dan berhasil merebutnya dari tangan Jerman. Tapi, sebelumnya Warsawa melakukan dua kali pemberontakan, yaitu di perkampungan Yahudi dan di pusat kota.

Selama periode okupasi Jerman itu tercatat 800 ribu orang mati. Setelah pembebasan, Warsawa kembali menjadi ibukota Polandia dan seiring dengan itu sejumlah bangunan bersejarah kembali dipugar.

Secara umum, Warsawa yang kini menjadi ibu kota Polandia, memiliki gaya arsitektur yang merefleksikan sejarah kelam kota di Perang Dunia II. Demikian Warsawa punya tempat yang dibanggakan salah satunya adalah  Warsaw’s Palace of Culture and Science, sebagai bangunan keempat tertinggi di Eropa setelah, yang dimiliki Paris, Frankfurt dan London.

Transportasi
Warsawa-Fryderyk Chopin Airport berada sekitar 8km ke arah selatan dari pusat kota. Ada beberapa stasiun kereta api, tetapi sebagian besar wisatawan hanya perlu menyambangi Warszawa Centralna di jantung kota. Yang perlu diingat, stasiun itu tidak selalu menjadi tujuan akhir. Ada layanan setiap hari langsung ke Wroclaw (lima jam), Gdansk (4,5 jam), Poznan (jam 3-4), Lviv (14 jam) dan Kyiv (15 jam). Ada dua terminal bus: Warszawa Stadion melayani tujuan rute timur, sementara Warszawa Zachodnia menangani semua rute lain, termasuk ke Gdansk dan Wroclaw (5-7 jam).

Jarak ke lain tempat UEFA EURO 2012
Poznan - 320 km
Wroclaw - 350km
Gdansk - 345km
Lviv - 385km
Kyiv - 820km
Kharkiv - 1.250 km
Donetsk - 1.465 km

Transportasi sekitar kota
Sistem transportasi publik terpadu Warsawa termasuk bus, trem dan metro. Rute utama dijalankan pukul 05,00-23,00 setiap hari, setelah malam bus Link Emilii Plater Street bisa digunakan sebagai transportasi dari pusat ke pinggiran kota, meskipun pada Jumat dan Sabtu metro hanya sampai 02:00. Biaya perjalanan 2.40zloty' dan ada juga tiket untuk 90 menit/satu hari/tiga hari/minggu (6/9.60/14.40/32zloty).

Data Stadion
Lokasi: Warsawa, Poland
Koordinat: 52°14′22″N 21°02′44″E
Operator: State Treasury (Narodowe Centrum Sportu Sp. z o.o)
Permukaan: Field (Grass)
Biaya Pembangunan: c. 1,915 billion PLN (€ 500 million)
Arsitek: Gerkan, Marg and Partners
Insinyur Struktur: Schlaich Bergermann & Partner
Kapasitas: 58.145.
(dari berbagai sumber)

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Untuk menyisipkan kode,gunakan tag
[code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote,gunakan tag
[blockquote]KATA-KATA ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar,gunakan tag
[img]URL GAMBAR ANDA[/img]
Untuk menyisipkan video,gunakan tag
[youtube]URL VIDEO ANDA[/youtube]
Anda juga bisa menggunakan emoticon seperti biasa.

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat