Stadion Miejski Poznan

Foto: Stadion Miejski Poznan/Wikipedia
Foto: Stadion Miejski Poznan/Wikipedia
Stadion terletak di sebelah barat daya kota Poznan. Menggunakan bus hijau dan kuning adalah cara terbaik untuk mencapai stadion ini dari pusat kota. Tapi menjelang pembukaan turnamen, trem kedua akan ditambah untuk mendukung jalur yang sekarang berjalan ke arah utara.

Atmosfer
Tribun yang tinggi dan landai, ditambah atap yang menutupi sebagian lapangan memastikan tingkat kebisingan tetap tinggi selama pertandingan berlangsung.

Tahukah Anda?

Penyelesaian renovasi stadion pada September 2010 ditandai oleh konser Sting. Ribuan penonton memadati stadion ini ketika musisi asal Inggris itu mempromosikan album barunya berjudul Symphonicities.

Nama Stadion: Stadion Miejski
Nama Lain: Stadion Lecha
Lokasi: ul. Bulgarska 17, 60-320 Poznan, Poland
Dibangun: 1968 - 1980
Tanggal Peresmian: 23 Agusuts 1980
Renovasi: 2003 - 2010
Owner: City of Poznan
Operator: Lech Poznan
Permukaan: Rumput
Biaya Pembangunan: €180 miliar (hanya renovasi)
Arstitek: Modern Construction Design Sp. z o.o.
Kapasitas: 41.609
Rekor penonton: 45.000 (Lech Poznan-Widzew Lodz, 8 April 1984)
Dimensi Lapangan: 105 x 68 meter

Sejarah Kota
Poznan diterjemahkan sebagai "orang yang dikenal" salah satu kota penting di awal sejarah Polandia. Dan saat ini  Poznan juga masih dipandang sebagai kota perdagangan yang penting.

Poznan muncul sebagai sebuah benteng kayu di abad ke-9  di atas pulau Warta sebelum akhirnya populasi tinggi memaksa penduduk migrasi ke daratan. Sempat diperintah Prusia/Jerman sejak 1793, dan kembali ke pangkuan Polandia pada 1919, Poznan kemudian menjadi pemicu pemberontakan regional yang intens di blok Soviet.

Didirikan oleh Polanians Slavia di Ostrow Tumski di sungai Warta, Poznan merupakan sebuah kerajaan sampai Kekaisaran Romawi melakukan serangan pada 1039. Namun meski mereka pindah ke Krakow, monarki tetap terkubur selama 250 tahun. Terletak di tengah antara Berlin dan Warsawa, banyak yang datang untuk tinggal di Poznan sehingga pertumbuhan populasi melebihi kapasitas pulau itu, akhirnya Pada 1253 pusat kota dipindahkan ke tepi kiri Warta.

Poznan pernah mengalami invasi oleh Swedia, Prusia, Rusia dan diperintah Jerman hingga 1918. Setelah Perang Dunia I, pemberontakan Wielkopolska pecah. Pemberontakan berubah menjadi perang sipil. Dengan Perjanjian Versailles Poznan dan provinsi sisanya diberikan ke Polandia.

Transportasi
(Ke dan dari) Bandara Poznan-Lawica berada 7km sebelah barat kota dan memiliki penerbangan harian ke Warsawa serta link biasa ke Kopenhagen, Dublin, Stockholm, Barcelona, Jerman dan Inggris. PoznaN Glowny stasiun kereta api di jantung kota menawarkan layanan domestik terbaik dengan sekitar 20 layanan setiap hari ke Warsawa (jam 3-4). Ada juga kereta ke Wroclaw (2,5 jam), Gdansk (4 jam), dan Kyiv (18 jam) dan ada juga layanan langsung ke Berlin, Cologne dan Moskow.

Jarak ke lain tempat UEFA EURO 2012
Wroclaw – 175km
Gdansk – 305km
Warsaw – 320km
Lviv – 700km
Kyiv – 1,140km
Kharkiv – 1,570km
Donetsk – 1,785km

Di dalam dan sekitar
Kota ini dilayani oleh trem dan bus, biasanya dicat hijau dan kuning. Tiket yang tersedia dari kios, toko dan outlet MPK, biasanya menampilkan logo MPK dan tersedia selama 24 jam dan satu minggu. Sedangkan untuk perjalanan tunggal ada pilihan: tiket waktu atau tiket jarak. Dengan pengecualian jam sibuk dan perbaikan jalan, umumnya lebih baik membeli dengan opsi ‘pilihan waktu’. MPK juga menyediakan penyewaan sepeda. Ada juga Trem Cepat Poznan (Poznanski Szybki Tramwaj), yang saat ini berjalan ke utara dari pusat kota.(dari berbagai sumber)

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Untuk menyisipkan kode,gunakan tag
[code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote,gunakan tag
[blockquote]KATA-KATA ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar,gunakan tag
[img]URL GAMBAR ANDA[/img]
Untuk menyisipkan video,gunakan tag
[youtube]URL VIDEO ANDA[/youtube]
Anda juga bisa menggunakan emoticon seperti biasa.

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat