Donbas Arena

Foto: Donbas Arena/Wikipedia
Foto: Donbas Arena/Wikipedia
DONETSK - Donbas Arena berada di tengah kota di taman Lenin Comsomol. Stadion ini bisa menampung sekira 52.518 penonton.

Pembangunan Donbas dimulai sejak 2006 oleh perusahaan kontraktor Turki, ENKA dengan desain dari Arupsport, pendesain City of Manchester yang kini bernama Etihad Stadium, Allianz Arena (Munich) dan Beijing National Stadium (Beijing).

Donbas memiliki atap stadion yang membumbung menimbulkan efek seperti cawan terbang.Desain atapnya ini juga dibuat sedemikian rupa sesuai landscape agar bisa menyerap cahaya dan udara secara alami ke lapangan. Di malam hari, Donbas bisa terlihat sangat gemerlap karena memiliki tata cahaya di bagian luarnya.

Donbas Arena
Lokasi: Donetsk, Ukraina
Koordinat: 48°1′15″N 37°48′35″E
Di Bangun: 7 Juni 2006
Dibuka; 29 August 2009
Pemilik: Shakhtar Donetsk
Operator: Donbas Arena
Permukaan: Grass
Biaya Pembangunan: USD400 juta
Arsitek: ArupSport[1]
General Kontraktor: ENKA
Kapasitas: 52,518[2] (Football)
Dimensi Lapangan: 105m x 68m

Sejarah Kota
Donetsk adalah kota besar di timur Ukraina yang berada di sisi sungai Kalmius. Kota ini didirikan 1869 oleh seorang pengusaha baja dan tambang asal Wales John Hughes. Saat itu Donetsk masih bernama Yuzovka.

Di bawah rezim Soviet, industri baja tumbuh pesat di kota yang sempat diberi nama Stalino pada 1924 sebelum akhirnya diganti lagi dengan nama Donetsk. Sampai saat ini Donetsk menjadi kota penting untuk industri batubara dan baja di Ukraina.

Donetsk juga tidak lepas dari periode kelam periode kekuasaan komunis dan pendudukan Nazi. Puluhan ribu orang terutama orang Yahudi tewas saat Nazi menguasai kota.

Transportasi
Transportasi utama di Donetsk adalah trem, trolley bus, bus dan marshrutkas ( minibus carteran). Untuk trem terdapat 12 jalur (130 km), jalur trolley bus (188 km) dan 115 jalur bus. Baik moda transportasi trem dan trolley bus di kota masing-masing dilayani dua depot. Selain itu tentu saja Taxi.(dari berbagai sumber)

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Untuk menyisipkan kode,gunakan tag
[code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote,gunakan tag
[blockquote]KATA-KATA ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar,gunakan tag
[img]URL GAMBAR ANDA[/img]
Untuk menyisipkan video,gunakan tag
[youtube]URL VIDEO ANDA[/youtube]
Anda juga bisa menggunakan emoticon seperti biasa.

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat